MARI BERBAGI

Monday, August 8, 2011

Manfaatkan Flash untuk Membekukan Subjek Foto

Kita kadang frustasi waktu cahaya lingkungan kurang sehingga kita kesulitan untuk mendapatkan shutter speed tinggi untuk membekukan subjek foto. Bila kita ketemu saat-saat seperti itu, kita bisa mengunakan lampu kilat (baik di kamera maupun speedlites eksternal).

Lampu kilat memiliki flash duration yang cukup singkat, biasanya hanya 1/1000-1/20000 detik. Flash duration itu adalah lamanya lampu kilat bersinar menerangi subjek foto.

Nah karena durasi cahaya yang singkat, maka subjek foto kita bisa menjadi beku meskipun shutter speed yang kita pilih relatif pelan (misalnya 1/60 detik) di kondisi lingkungan yang agak gelap.


Di lingkungan yang terang benderang seperti di luar ruangan di bawah sinar matahari, trik ini tidak berlaku karena shutter speed yang lambat malahan akan menangkap gerakan subjek foto, bukan membekukannya.

Oleh sebab itu, kalau misalnya kita ingin membekukan subjek foto di kondisi lingkungan yang relatif gelap, kita bisa memanfaatkan lampu kilat.

Lebih lengkap di http://www.infofotografi.com/blog/

6 comments:

  1. Great tip bro, website yang ada informasi baik untuk photography saya.

    ReplyDelete
  2. Thristhan : thanks kawan sudah berkunjung...

    ReplyDelete
  3. Nice article and perfect posting, I really appreciated


    Kodokijo
    get4best.com

    ReplyDelete
  4. This is an excellent post. It’s an amazing experience. This is a top quality post. Now a days people are in to the habit of making posts. I would like to visit again.

    ReplyDelete