MARI BERBAGI

Wednesday, January 25, 2012

Levitasi, Foto Melayang di Udara

Apakah levitasi itu. Levitasi adalah teknik fotografi yang membuat sesuatu atau seseorang tampak seolah-olah melayang tanpa menggunakan alat bantu. Foto levitasi tanpa editing dilakukan oleh model yang melompat dan berpose sehingga seolah-olah ia tampak melayang. Komunitas levitasi di Indonesia sendiri terinspirasi oleh foto-foto levitasi Natsumi Hayashi di http://yowayowacamera.blogspot.com/. Di antaranya adalah Levitasi Hore di http://levitasihore.tumblr.com/. Di sini banyak sekali foto -foto levitasi hasil dari para fotografer.

Berikut ini beberapa foto levitasi karya Natsumi Hayashi





















Bagaimana?? keren bukan? Nah berikut ini beberapa tips yang saya dapat dari hasil googling dalam membuat foto levitasi:

Tips membuat foto levitasi tanpa editing:
  1. Fotografi levitasi berbeda dengan jump shot. Levitasi harus memperlihatkan model yang seakan melayang alami tanpa terlalu banyak ekspresi wajah.
  2. Foto levitasi tanpa editing dapat dilakukan dengan kamera profesional (DSLR) maupun kamera biasa (kamera ponsel, pocket cam)
  3. Foto levitasi dengan kamera DSLR, bisa memanfaatkan burst mode (continuous shooting). Dengan sekali menekan tombol shutter, langsung menghasilkan beberapa jepretan sekaligus. Foto-foto hasil jepretan dengan burst mode dari kamera DSLR dapat dipilih mana yang paling pas mendapatkan moment “melayang”.
  4. Foto levitasi dapat dilakukan dengan kamera non-profesional, namun lebih tricky karena mengandalkan ketepatan menekan tombol rana saat model melompat.
  5. Pastikan cahaya cukup, agar bayangan terbentuk sehingga efek model sedang melayang lebih terlihat.
  6.  Gunakan shutter speed tinggi untuk menangkap model yang melayang dengan lebih fokus (freeze motion). Cahaya yang cukup sangat berperan untuk mendapatkan shutter speed tinggi.
  7. Gunakan low angle, agar model terlihat tinggi melayang.
  8. Gunakan hair spray/gel agar saat melompat, rambut model tidak terlihat berantakan.
  9. Gunakan juga peniti, pin, sabuk atau alat penjepit baju supaya tidak tampak menggembung atau tersingkap saat model melompat.
  10. Coba gunakan aksesoris yang mendukung . Umumnya sih sapu, vacum cleaner, payung. Ayo coba yang lain!Cari lokasi foto yang unik.
  11. Bisakah memfoto diri sendiri sedang levitasi? Bisa! Gunakan tripod, dan set timer di kamera. Loncatlah sebanyak mungkin saat mendekati waktu timer! Ini tapi pakai untung-untungan ya!
  12. Stay safe! Jangan memaksakan diri melompat jika sudah capek. Jangan lupa cari lokasi yang aman buat melompat.
Sumber : http://nuradinugroho.wordpress.com/2012/01/25/levitasi-flying-without-wings/

3 comments: