MARI BERBAGI

Sunday, August 7, 2011

Membuat Acara TV

Membuat acara untuk ditayangkan televisi biasa dikerjakan oleh Production House (PH), dapat berupa sinetron atau reality show. Kebanyakan acara televisi yang dibuat PH biasanya berbentuk rekaman atau siaran tidak langsung. Hasil produksi dikemas dalam format Mini-DV dan diserahkan ke pihak televisi. Pihak televisi tinggal menayangkan dan tidak perlu mengedit ulang. Oleh karena itu, hasil produksi untuk televisi harus benar-benar sudah jadi dan tinggal tayang.


Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat acara televisi :
  • Presenter. Jika acara yang dibuat memerlukan presenter, tentukan waktu dan tempat pengambilan gambar khusus presenter. Biasanya pengambilan gambar untuk presenter dilakukan setelah semua bahan-bahan yang ditayangkan sudah ada, sebagai bahan pengantar presenter masuk ke acara inti. Kamera yang digunakan dapat satu saja, namun akan lebih baik bila memakai multi kamera terutama bila presenternya lebih dari satu orang. Misalnya satu kamera dari arah depan (long shot) dan dua kamera lain mengambil close up masing-masing presenter.
  • Jeda iklan. Acara televisi jangan lupa diberi jeda iklan beberapa menit. Berilah ruang kosong khusus untuk iklan, bisa dua kali atau lebih dalam satu kali tayang. Sebelum masuk ke jeda iklan, biasanya presenter memberi tahu kepada penonton terlebih dahulu. Title atau judul acara biasanya diperlihatkan lagi.
  • Narasi audio. Menjelaskan makna gambar yang ditayangkan. Sebaiknya narasi audio dibuat semenarik mungkin, halus, dan informatif, agar penonton tidak cepat bosan. Narasi tidak perlu terlalu panjang. Jika memungkinkan, selingi beberapa kalimat narasi dengan audio on tape sebagai variasi.

2 comments:

  1. sip boss, saya pernahngedit video sama pinacle studio plus, ya maklum coba2 xxi dapat 50 rebu 2 kaset VCD. cm yg saya gak ngerti mini DVD itu format video nya apa ya?

    ReplyDelete
  2. ali : he he lumayan 50 rb.. mini DVD pada prinsipnya sama dengan format DVD yakni Mpeg2 cuma durasinya lebih pendek..

    ReplyDelete