MARI BERBAGI

Monday, May 16, 2011

Memproduksi Company Profile

http://www.akbarfoto.com
Profil perusahaan berisi gambaran dan informasi secara singkat, padat, jelas, lengkap dan menarik tentang perusahaan tersebut. Berangkat dari hal ini perlu dipersiapkan secara matang konsep keseluruhan, baik pra maupun pasca produksi. Selain gambar video, suatu profil perusahaan juga butuh audio untuk melengkapi gambar.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah company profile :
  • Singkat. Profil perusahaan hendaknya singkat, dengan satuan menit. Jangan terlalu pendek juga jangan terlalu panjang. jika terlalu pendek, bisa saja belum semua informasi dimasukkan. Dan jika terlalu panjang, akan membuat penonton bosan. Paling tidak maksimal 15 menit, tayangan profil perusahaan sudah baik.
  • Padat. Padat mengandung maksud bahwa semua hal dan informasi yang terkait profil perusahaan masuk di dalamnya, meski waktu yang tersedia sangat singkat. konsekuensinya mungkin beberapa gambar muncul dalam waktu singkat bisa hanya 2 detik, atau bahkan kurang dari 1 detik.
  • Jelas. Meski ada beberapa bagian yang muncul hanya dalam hitungan detik, yang penting informasi jelas dan bisa diterima penonton. Prinsip yang digunakan adalah lebih baik singkat asal jelas, daripada durasi yang panjang namun bertele-tele dan tidak jelas.
  • Lengkap. Lengkap tidak selamanya harus semua ditampilkan mulai dari ujung atas sampai ujung bawah atau dai pusat pimpinan perusahaan sampai cleaning service. Semua materi yang ingin disampaikan hendaknya dapat diwakilkan secara lengkap. Selain itu, anda dapat gunakan prinsip 'kalau bisa dihilangkan, kenapa harus dipasang' dan bukan prinsip ' kalau bisa dipasang, kenapa harus dihilangkan'.
  • Menarik. Menarik di sini maksudnya baik secara visual, audio dan isi. Prioritas pertama adalah menarik secara visual, lalu dilanjutkan menarik secara audio, baru yang terakhir menarik secara isi. Video yang dihasilkan akan bagus jika ketiga aspek tersebut telah terpenuhi. Kalaupun tidak mendapatkan semua aspek, usahakan mendapatkan aspek yang pertama (visual).
Persiapan Awal
Untuk membuat suatu video profil perusahaan, persiapan awal harus ditempuh yakni menentukan out put project, pengumpulan materi dan bahan, pembuatan skenario, pembuatan skrip, dan pembuatan storyboard.

Menentukan Out Put Project
Produk video profil perusahaan seperti apa yang diinginkan klien perlu diketahui terlebih dahulu. Ini terkait dengan tahap-tahap berikutnya dan tentunya perhitungan biaya yang dibutuhkan. Identifikasi ini akan menjadi panduan untuk memulai penggarapan. Poin-poin yang perlu diketahui diantaranya :
  • Durasi. Mengetahui panjang durasi profil perusahaan yang akan diproduksi sangat penting karena akan berhubungan dengan proses pengambilan gambar, pemenuhan bahan materi, serta proses editing video nantinya. Selain itu tentunya juga untuk mengetahui besarnya biaya produksi. durasi yang panjang akan membutuhkan biaya yang lebih mahal dibanding durasi pendek.
  • Tingkat kesulitan pembuatan video profil perusahaan dapat diketahui saat identifikasi output yang diinginkan klien. Kesulitan bisa dari semua komponen mulai dari pengambilan gambar sampai proses editing dan pengemasan. Sehingga akan lebih baik jika sejak awal diperjelas bagaimana keinginan klien, agar nantinya tidak menimbulkan masalah. jangan sampai salah produksi karena keinginan klien tidak dituruti sehingga produk yang dihasilkan ditolak. Apakah klien ingin memasukkan animasi, efek-efek khusus, atau full gambar video, atau mungkin foto-foto. Atau bisa jadi klien butuh gambar video dari dalam air, dari pesaway udara dan lain sebagainya. Tingkat kerumitan seperti ini berhubungan erat dengan proses pengambilan gambar dan produksi berikutnya. Semakin rumit, biaya yang dibutuhkan akan lebih besar. Kalupun klien tidak memesan apa-apa atau konsep profil perusahaan diserahkan kepada anda, berarti anda harus membuat kebijakan standar. Anda harus memiliki contoh-contoh karya pembuatan profil perusahaan standar tersebut untuk ditujukan kepada klien sebagai referensi.
  • Biaya. Besar kecilnya baiaya akan berpengaruh pada proses produksi dan produk yang dihasilkan. Jika biaya yang ditawarkan klien sangat besar, tentu anda harus bisa menghasilkan profil perusahaan yang bersifat eksklusif. Sebaliknya jika biaya yang ditawarkan terlalu kecil tentunya hasil produk juga harus disesuaikan.
  • Pengemasan. Pengemasan video dengan VCD atau DVD memiliki harga yang berbeda. Bukan hanya harga keping VCD dan DVD yang berbeda, tetapi saat proses rendering VCD atau DVD juga berbeda karena proses rendering ke DVD lebih lama jika dibanding ke VCD. Tentunya hal ini membutuhkan biaya yang berbeda pula.
Pengumpulan Materi dan Bahan
Setelah mengetahui gambaran bagaimana produk yang diharapkan, langkah berikutnya adalah mengumpulkan materi dan bahan-bahan profil perusahaan, misalnya buku profil atau data berupa teks dan image.

Beberapa data penting yang diperlukan antara lain :
  • Visi-misi perusahaan
  • Struktur organisasi
  • Sejarah berdirinya perusahaan
  • Produk unggulan
  • Prestasi/penghargaan
  • Dokumentasi kegiatan
Dari data di atas dapat diidentifikasi hal-hal yang akan diambil gambarnya. Misalnya perusahaan pernah mendapat penghargaan, maka penghargaan itu perlu di shoot.

Pembuatan Skenario
Skenario merupakan bentuk tertulis dari keseluruhan video yang akan diproduksi. Skenario berisi cerita dalam bentuk dasar rangkaian adegan-adegan yang tidak dirincikan. Skenario bisa dianalogikan seperti membuat kerangka suatu tulisan. Kerangka-kerangka tersebut sudah bisa dijadikan patokan tertuilis untuk proses selanjutnya.

Berikut disajikan contoh pembuatan skenario dalam membuat profil perusahaan :
  • Tampilan logo perusahaan dan gedung
  • Sejarah berdinya perusahaan
  • Tampilan nama pejabat dan struktur perusahaan
  • Produk unggulan
  • Prestasi dan penghargaan
  • Kinerja pegawai dan karyawan
  • Sistem keamanan kerja
  • dan seterusnnya
Pembuatan Skrip
Jika skenario berisi cerita yang tidak dirinci, lain halnya dengan skrip. Skrip berisi cerita yang sudah bersifat rinci, naskah yang sudah siap produksi, dan sudut pengambilan gamabar (angle) secara spesifik. Bahkan audio dan video pun sudah disiapkan

5 comments:

  1. mantap gak thanks infonya??
    Buka blog ane ya gan
    http://4allinformation.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. thanks gan....salam kenal.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sobat, informasinya, kebetulan saya lagi search materi mengenai ini, salam dari bangka belitung

    ReplyDelete
  4. makasih bro sudah mampir, semoga bermanfaat...salam hangat..

    ReplyDelete
  5. Mau informasi yg lengkap bisa kunjungi di sini...

    http://brankas-everything.blogspot.com/

    ReplyDelete