MARI BERBAGI

Monday, January 3, 2011

VCD/DVD Software

dvdMovieFactoryDVD MovieFactory : ialah aplikasi produksi DVD-authoring dan burning dari Corel, termasuk program yang paling populer dalam kategorinya karena kemudahan penggunaannya, dilengkapi dengan fungsi editing dasar.

sonyDVDArchDVD Architect Studio : ialah aplikasi DVD-authoring dan burning dari Sony, juga populer karena kemudahannya, dilengkapi dengan tutorial interaktif penggunaannya.

nero9Nero Software Suite
Nero ialah paket software yang populer untuk urusan produksi CD/DVD. Paket bundel Nero Software Suite terdiri dari sejumlah aplikasi untuk menjalankan fungsi-fungsi khusus. Nero Burning ROM ialah aplikasinya yang paling populer dan ada sejak pertama muncul.
Berikut ini beberapa aplikasi seputar produksi CD/DVD yang terdapat di dalam bundel Nero 9 :

Nero StartSmart : ialah panel kontrol yang menyajikan menu untuk menampilkan sejumlah banyak aplikasi lain pada bundel aplikasi Nero.

Nero Burning ROM : aplikasi untuk burning CD/DVD.

Nero Express : mode sederhana dari Nero Burning ROM yang ditujukan untuk user pemula.

Nero Vision : aplikasi editing video sederhana, juga dapat digunakan untuk DVD Authoring menghasilkan DVD yang siap diputar pada DVD Player.

Nero Recode : aplikasi yang dapat meng-konversi video DVD menjadi Nero Digital format, sekaligus menghilangkan data-data tambahan (menu, subtitel, dll) sehingga dihasilkan video dalam ukuran yang lebih kecil dengan kualitas yang tetap terjaga.

Nero Wave Editor : aplikasi editing sound sederhana, mampu merekam, memotong, mixing, efek, hingga ke export sound.

Nero PhotoSnap : aplikasi editing foto sederhana.

Nero PhotoSnap Viewer : aplikasi penampil gambar (image viewer) sederhana.

Nero Cover Designer : aplikasi untuk merancang cover disc hingga proses print out.

Nero ShowTime : media player yang dapat memainkan sejumlah tipe file multimedia.

tmpgEncLogoTMPGEnc

TMPGEnc merupakan paket bundel software kategori video encoder dan memiliki kemampuan video editing dasar, dikembangkan oleh Pegasys Inc. Berikut ini sejumlah aplikasi yang terdapat di dalamnya.

TMPGEnc Plus : aplikasi untuk meng-konversi file digital video ke format VCD/DVD dengan menu setting yang luas, dapat memotong dan menggabungkan klip video.

TMPGenc XPress : aplikasi yang dapat menerima banyak macam format file video untuk di-encode ke file format yang dikehendaki termasuk DVD-Video, QuickTime, AVI, DivX HD, dan banyak lagi.

TMPGEnc Authoring Works : aplikasi untuk DVD-authoring.

TMPGEnc MovieStyle : aplikasi yang dapat meng-konversi file digital video untuk penggunaan pada beragam perangkat seperti iPod, iPhone, PlayStation, Wii, Xbox, dan lain-lain.

TMPGEnc MPEG Editor : aplikasi untuk meng-import file video dalam format MPEG (misalnya hasil rekaman TV, maupun DVD), melakukan fungsi editing sederhana seperti transisi, lalu memformat balik ke format DVD dengan kapasitas DVD-Authoring yang dimilikinya.

proCoder_lgProCoder ialah aplikasi untuk video encoding yang awalnya populer dengan nama Canopus ProCoder yang dikembangkan oleh Canopus Corporation. ProCoder kini sudah diambil alih oleh Thomson dan ditawarkan ke konsumen sebagai Grass Valley ProCoder, bagian dari Thomson Grass Valley video products.

encore_logoAdobe Encore DVD : aplikasi produk keluarga Adobe, untuk kegunaan DVD-Authoring dilengkapi dengan banyak fitur.


dvdFlick_lgDVD Flick ialah aplikasi freeware untuk meng-konversi video yang dikembangkan oleh Dennis Meuwissen. Mendukung lebih dari 45 file format, 60 video codecs dan 40 audio codecs. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengkonversi file video (seperti .avi) ke DVD-files (video_ts) untuk kemudian di-burning disini atau disimpan untuk di-burning menggunakan aplikasi lain. Dilengkapi pembuatan menu dan subtitel, tapi tak dilengkapi fasilitas editing.

CdburnerXP_logoCDBurnerXP ialah aplikasi freeware untuk burning CD untuk sistem operasi Microsoft Windows. Dapat digunakan untuk burning CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW, juga audio files (WAV, MP3, dll). Aplikasi ini freeware namun source code program-nya tidak terbuka untuk umum.

Sumber : http://captun.net/?p=156

No comments:

Post a Comment