MARI BERBAGI

Tuesday, July 24, 2012

CANON 650D : PENINGKATAN YANG CUKUP BERARTI


http://www.dpreview.com/previews/canon-eos-650d-rebel-t4i
Canon 650D adalah penerus dari seri kamera DSLR Canon yang sukses dipasaran. Canon 650D kualitasnya meningkat di berbagai aspek dibandingkan dengan kamera pendahulunya yaitu 600D. Canon 650D memiliki 9 titik auto fokus yang lebih sensitif (cross type) yang sama dengan kamera yang lebih canggih seperti Canon 50D dan 60D.

Kecepatan foto berturut-turut juga meningkat dari 4 menjadi 5 foto per detik. T4i mewarisi sistem metering (menghitung cahaya) setara dengan kamera canggih Canon 7D dan 5D mark III.


Peningkatan kualitas ini membuat 650D menjadi mirip dan bahkan menggungguli Canon 60D di beberapa aspek. Tapi 60D masih unggul di kualitas badan kamera yang anti debu dan air (weather-sealed) dan 60D memiliki layar LCD, dua roda instruksi dan tombol akses langsung yang lebih lengkap.

Setelah peningkatan kualitas dari Canon 550D ke 600D yang minim, Canon memang harus meningkatkan kualitas 650D karena kompetisi kamera digital untuk pemula yang luar biasa ketat saat ini. Tidak hanya menghadapi Nikon D3200 yang sudah di umumkan, tapi juga harus menghadapi berbagai kamera “mirrorless” yang ditawarkan Olympus, Panasonic dan Sony.

Videografer akan sangat terbantu dengan fitur hybrid autofocus Canon yang baru. Sistem baru ini memungkinkan untuk auto fokus lebih cepat di saat live view dan dapat mengikuti subjek yang bergerak. 650D memiliki microphone stereo dan memungkinkan input microphone external.

Selain fitur-fitur yang saya singgung diatas, Canon menambahkan fitur touchscreen (layar sentuh) yang cukup berguna untuk akses cepat ke fungsi-fungsi kamera, untuk memeriksa hasil foto dan juga untuk auto fokus saat live view/merekam video. Hasil auto focus yang optimal saat live mode akan optimal saat memakai lensa dengan teknologi baru yaitu STM (Stepping motor).

Seiring dengan peluncuran Canon 650D, dua lensa baru Canon juga diluncurkan, yaitu Canon 18-135mm f/3.5-5.6 IS STM. Lensa ini akan menjadi lensa kit/paketan 650D. Lensa ini memiliki motor fokus yang tidak bersuara sehingga cocok untuk video. Ada juga lensa pancake (super tipis) Canon 40mm f/2.8 STM. Lensa ini berukuran sangat tipis dan ringan. Lensa fix ini tidak bisa zoom, tapi saya cukup optimis kualitasnya cukup baik dan harganya tidak terlalu mahal. Cocok untuk dibawa traveling.

Lensa STM ini tidak secepat lensa USM (ultrasonic motor) saat foto biasa, karena lebih dikhususkan untuk video dan pemotretan dengan live mode. Lensa 18-135mm yang baru juga memiliki teknologi Dynamic IS, yang bisa membantu meredam getaran tangan ketika sedang merekam video.

Menurut saya, Canon 650D memberikan peningkatan/upgrade yang berarti dari model-model sebelumnya dan mudah-mudahan performa kamera ini sesuai apa yang dijanjikan.

Spesifikasi Canon 650D

    18 MP CMOS Sensor
    ISO 100-12800
    Video Full HD 30,25, 24p
    Processor DIGIC 5
    9 titik auto fokus (semuanya cross-type)
    5 foto per detik
    LCD layar sentuh resolusi 1 juta titik
    Harga: Body only sekitar 8 juta, 9  juta dengan lensa 18-55mm IS, dan 11 juta dengan lensa 18-135mm




Sumber : http://www.infofotografi.com/blog/2012/06/canon-650d-peningkatan-yang-cukup-berarti/

No comments:

Post a Comment