MARI BERBAGI

Saturday, October 15, 2011

Tips Shooting Video

1. Persiapan

Ketika suatu saat anda akan bepergian dengan membawa serta kamera video anda, maka yang perlu anda persiapkan adalah sebagai berikut :
  • Setidaknya 1 baterai cadangan yang terisi penuh
  • Sekurang-kurangnya 2 kaset video untuk merekam
  • Pembersih lensa
  • Sebuah tripod, walaupun mungkin nanti anda tidak membutuhkannya
  • Charger baterai
  • Kabel power
  • Pelindung kabel, bisa lakban atau sejenisnya untuk melindungi kabel anda dari injakan manusia atau barang
  • Lampu oncam, filter lensa, mikrofon, dan asesoris lain yang anda miliki
2. Gunakan Tripod

Pada kebanyakan video buatan sendiri akan terlihat goyang gambarnya, dan itu sangat tidak enak untuk dilihat. Dan untuk mengatasi itu, maka anda membutuhkan sebuah tripod yang akan menyangga kamera anda tetap tidak bergoyang. Dan dengan itu pula anda dapat melakukan panning maupun zoom dengan lebih halus.

Dan jika anda tidak memiliki tripod, maka usahakan agar anda berada pada dinding. Sehingga anda dapat menyandarkan bagian punggung anda pada dinding untuk mengurangi goncangan kamera.

3. Tingkatkan Pencahayaan

Untuk mendapatkan gambar yang baik, seorang kameramen yang baik akan selalu mengutamakan cahaya, cahaya, dan cahaya. Karena kebanyakan kamera video didesain dengan pencahayaan yang masih kurang. Sehingga kita perlu untuk memiliki sistem pencahayaan sendiri untuk membantu kamera yang sudah kita punya. Seperti Oncam dan lainnya. Jika kondisi pencahayaan kurang, hindari penggunaan autofocus. Untuk menghasilkan video yang baik usahakan pengambilan gambar pada pagi hari atau sore hari.

4. Audio yang baik

Kalau pencahayaan adalah unsur terpenting dalam video shooting, maka audio adalah selanjutnya. Dan penting untuk diketahui bahwa suatu hal yang sulit untuk menghasilkan audio yang baik dalam proses shooting video. Mikrofon yang sudah dibandel dengan kamera merupakan mikrofon dengan kualitas paling dasar, sehingga tidak akan dapat menghasilkan kualitas suara yang baik. Sehingga anda mungkin perlu untuk menggunakan perangkat audio tambahan yang lebih baik.

5. Posisikan Pengambilan gambar anda dengan baik

Seorang fotografer yang baik, maka dia akan mengambil gambar dalam beberapa posisi yang berbeda. Demikian pun anda sebagai seorang kameramen juga harus melakukan hal yang sama dengan mengambil gambar dari beberapa sudut yang berbeda untuk menghasilkan gambar yang lebih bervariasi. Dan jangan pernah gunakan efek-efek video yang ada pada kamera anda sewaktu mengambil gambar. Gunakan efek pada saat proses editing video.

6. jangan Pernah Gunakan Digital ZOOM

Sejauh apapun jarak anda dengan obyek yang akan anda ambil gambarnya, jangan pernah untuk menggunakan digital ZOOM. Karena hasilnya pasti video anda akan pecah, bahkan sebelum diedit. Penggunaan digital ZOOM adalah kesalahan yang sangat besar dalam dunia video shooting.

7. B-Roll Shoot

B-Roll shoot adalah anda mengambil gambar seolah-olah anda memiliki pedoman alur seperti dalam story board. Sehingga gambar yang anda hasilkan akan lebih bervariatif dan terstruktur sesuai dengan urutan yang benar. Sehingga hasil mixing akhir dari video anda akan terlihat seperti sebuah cerita, bukan sekedar gambar bergerak saja.

Sumber : http://igcomputer.com

11 comments:

  1. Gan agar hasilnya bagus baiknya gunakan kamera video merk, jenis apa ya... soalnya hasil kadang tidak seperti yang kita harapkan.

    ReplyDelete
  2. Anita Hara : Banyak merk kamera yang beredar di pasaran. Untuk hasil yang lebih baik skrg sudah byk kamera yg berformat HD. Misalnya handycam : SONY MEMORY CAMCORDER HDR-CX160 BUILT IN 16GB,
    PANASONIC HARDISK HDC-TM80 (BUILT-IN 16GB). Untuk kamera Professional : PANASONIC SD MEMORY PROFESSIONAL HDC- MDH1, SONY PROFESSIONAL AVCHD HXR-MC1500.

    ReplyDelete
  3. nice info........gabung
    http://ratiz-hiburan.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Info bagus Pak, boleh jadi catatan waktu berpergian wisata.

    ++++++++++++++++++++++
    Sekalian kunjungin www.tantanganku.com web ini nantinya akan berisi tantangan-tantangan bagi siapapun yang ingin menantang dirinya sendiri ataupun orang lain.

    Kl berkenan bisa kirim tulisan ataupun pengalaman yang berkaitan dengan tantangan diri kita dalam hidup ini agar dapat menginspirasi masyarakat Indonesia ke tantanganku@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Informatif bgt isi blognya bro. klo berkenan silahkan di share di http://tuanmuda.us/

    ReplyDelete