MARI BERBAGI

Tuesday, May 17, 2011

Perbedaan Tukang Foto dengan Fotografer

Pada dasarnya istilah tukang foto dan fotografer sama saja, yaitu orang yang ahli dalam membuat foto. Tapi istilah tukang foto lambat laun menjadi menurun nilainya, sedangkan titel fotografer semakin keren dewasa ini.

Dulu seseorang disebut tukang foto (kadang disebut juga kameramen), adalah orang yang menguasai teknik fotografi yang baik, tapi sekarang ini, tukang foto identik dengan orang-orang yang sekedar bisa mengunakan kamera dan tidak harus ahli di dalam bidangnya, apalagi di era digital yang serba otomatis, tinggal jepret pakai lampu kilat saja langsung, pasti terang gambarnya.


Tukang foto juga lebih identik dengan orang-orang yang menjajakan jasa foto dengan tarif relatif murah, seperti yang kita lihat di kawasan wisata ataupun tukang foto di acara-acara sosial seperti pernikahan.

Lalu apa beda tukang foto dengan fotografer?

Kalau tukang foto lebih bersifat reaktif terhadap suatu keadaan, fotografer pendekatannya lebih berbeda. Seorang fotografer menghabiskan banyak waktunya tidak di dalam sesi pemotretan saja, tetapi sebagian besar lebih ke pembuatan konsep & ide, perencanaan, persiapan, dan setelah selesai foto, masih harus melakukan post-processing (editing), layout dan percetakan.

Banyak yang harus dipikirkan untuk menjadi fotografer, apalagi fotografer profesional yang bertarif tinggi. Ide kreatif, eksekusi dan hasil foto lah yang membuat seorang fotografer dibayar jauh lebih tinggi nilainya daripada aksi motret itu sendiri.

Lebih lengkap di http://www.infofotografi.com/blog/

8 comments:

  1. huehehe secara bahasa juga kayaknya lebih "menjual" fotografer ya..
    salam

    ReplyDelete
  2. oke bro, lebih keren fotografer ya. salam kenal..

    ReplyDelete
  3. mohon kunjungan nya http://www.erveenshop.co.cc/

    ReplyDelete
  4. Wah, keren postinganya.. haha

    Antara masa lampau dan Era Reformasi haha

    Mohon Kunjungan dan Follownya @Bayuzulhamsyah.com

    ReplyDelete
  5. makasih sudah mampir, salam kenal

    ReplyDelete
  6. Setuju banget dengan pendapat anda tentang perbedaan antara tukang foto dan fotografer. Tapi di daerah saya, fotografer sering juga di kasih julukan tukang foto. Hehe......

    ReplyDelete
  7. ya begitulah gan, memang tergantung situasi dan kondisi juga tempat nya........he he

    ReplyDelete
  8. setuju gan,,luar biasa...


    http://dunianyakitta.blogspot.com/

    ReplyDelete