MARI BERBAGI

Tuesday, March 8, 2011

Cahaya yang Keras vs Cahaya yang Lembut untuk Foto Potret

Foto potret dengan cahaya yang keras

by Enche on February 24, 2011

Cahaya yang seperti apa yang bagus buat potret?

Potret Cahaya Keras
Cahaya yang keras, sumber cahayanya relatif kecil, yaitu sinar matahari di sore hari. Arah cahaya dari arah samping kanan model.

Mungkin ada yang bingung, sinar matahari kok disebut sumber cahaya yang kecil? Ini karena letaknya yang sangat jauh dari bumi sehingga menjadi relatif kecil dipandang dari bumi, kecuali bila awan menutupi sinar matahari.

Kalau kita perhatikan, cahaya yang keras menghasilkan foto yang sangat kontras. Bayangan yang terbentuk juga sangat jelas dan ngeblok (pemisahan yang jelas antara bagian yang disinari dan bayangan). Bayangan semacam ini menutupi sebagian sisi wajah sehingga wajah model terlihat menjadi kurus. Tekstur kulit seperti jerawat, keriput akan menonjol (untungnya, model kita ini memiliki wajah yang cukup mulus).


Sebaliknya cahaya yang lembut akan menghasilkan foto yang tidak sekontras cahaya yang keras, tekstur muka tidak terlalu menonjol, dan bayangannya bergradasi atau hampir tidak ada.

Foto potret dengan cahaya yang lembut
Potret Cahaya Lembut
Untuk mendapatkan cahaya yang lembut, kita perlu sumber cahaya yang relatif besar, dalam foto ini, sebuah reflektor berbentuk bulat di gunakan untuk memblok sinar matahari yang datang dari sebelah kanan model. Sehingga jatuhnya cahaya lingkungan lebih merata di wajah model.

Nah yang mana yang lebih bagus? cahaya yang keras atau lembut? semua tergantung selera. Menurut saya dua-duanya sama bagus. Cahaya yang keras terlihat lebih dramatis, sedangkan cahaya yang lembut membuat wajah lebih halus.

Nah, buat teman-teman sekalian, menurut kalian sendiri, mana yang lebih bagus? foto yang atas atau yang bawah? terus alasannya apa?

Jawabannya ditunggu!


Lebih lengkap di http://www.infofotografi.com/blog/

5 comments:

  1. bagusan yg bawah bos...
    tlng kasih tips N triknya bos...thax

    ReplyDelete
  2. saya lebih suka yang atas,.lebih natural

    ReplyDelete
  3. kok saya senang lihat poto yang atas!!! kayaknya lebih alami!!! ngak ada efek gitu!!!

    ReplyDelete